Ini 4 Keuntungan Menggunakan Software Payroll Bagi Perusahaan Anda

Ini 4 Keuntungan Menggunakan Software Payroll Bagi Perusahaan Anda
Sumber: Unsplash.com
Memiliki perusahaan dengan jumlah pegawai yang banyak merupakan asset, apalagi jika mereka semua mumpuni di bidangnya masing-masing. Karena pegawai memegang peran yang penting dalam berjalannya perusahaan, maka perusahaan harus bisa memberikan upah terbaik bagi mereka.

Dalam pengelolaan gaji karyawan, tim HRD pada sebuah perusahaan memerlukan bantuan teknologi agar proses penggajian karyawan dengan jumlah yang besar dapat dilakukan dengan sesederhana mungkin. Kini ada yang namanya software payroll untuk membantu perusahaan dalam menangani sistem penggajian karyawan.

Software payroll menjadi andalan dalam urusan gaji-menggaji karyawan dengan fitur-fiturnya yang sangat membantu tim HRD dan perusahaan. Berikut keuntungan serta pengertian software payroll yang perlu diketahui.

Tentang Software Payroll

Software payroll atau yang biasa dikenal dengan software HRIS (Human Resource Information System) adalah program atau tools yang dapat membantu dalam mengorganisir tata kelola penggajian dan manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan.

Perusahaan yang menggunakan software payroll dapat dengan mudah dalam mengurus gaji yang harus dibayarkan oleh karyawan. Karyawan pun juga dapat mengakses sistem untuk memeriksa urusan penggajian mereka. Software payroll cukup transparan sehingga aman dan sangat direkomendasikan bagi perusahaan agar lebih efektif, akurat, dan efisien dalam urusan gaji karyawan.

Intinya, software payroll adalah program yang sangat krusial bagi karyawan dan perusahaan.

Keuntungan menggunakan software payroll

Alasan mengapa perusahaan disarankan menggunakan software payroll adalah karena keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan dan karyawan. Untuk mengetahui apa saja keuntungan menggunakan software payroll bagi perusahaan, simak di bawah ini:

1. Mempercepat perhitungan gaji, PPH, dan BPJS 

Software payroll didesain otomatis dalam menghitung gaji, PPH, dan BPJS yang diintegrasikan dengan absen dan laporan lembur/cuti. Setelah gaji kotor telah ditentukan, sistem akan secara otomatis menghitung pajak, asuransi, dan BPJS yang dipotong. Semua potongan akan masuk ke gaji kotor sseblum akhirnya dikirim langsung ke rekening karyawan.

Baca Juga : SIPP Online Panduan Lengkap BPJS Ketenagakerjaan 2020

2. Membuat formulir pajak otomatis

Software payroll sebagian besar sudah bisa mengurus masalah perpajakan pada gaji karyawan sehingga formulir pelaporan pajak bisa dibuat langsung pada software payroll dengan mudah dan cepat tentunya.

3. Transparan dan self-service

Menggunakan software payroll dalam penggajian karyawan merupakan salah satu upaya untuk transparansi antara perusahaan dan karyawan. Penggunaan software payroll memungkinkan karyawan secara langsung mengakses data informasi mengenai jumlah gaji yang diterima, waktu kerja, potongan, bonus, dan lain-lain. Self-service juga memungkinkan karyawan untuk mengajukan sesuatu kepada HRD tanpa harus membuat surat permohonan dulu.

4. Mudah membuat laporan sesuai kebutuhan 

Karena frekuensi penggunaan software payroll pada perusahaan pasti banyak mengikuti jumlah karyawan, maka diperlukan analisa keuangan yang dibuat oleh pihak accounting menggunakan software payroll. Laporan transkasi payroll secara detail sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Itulah beberapa manfaat dari penggunaan software payroll bagi perusahaan.  Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros

Tutorial Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root Dengan Mudah

Cara Bobol WiFi Dengan Termux Android Tanpa Root 2020