Gampang! Cara Membaca Pesan WhatsApp Yang Dihapus Pengirim

cara melihat pesan wa yg sudah dihapus
Cara Membaca Pesan WhatsApp Yang Sudah Dihapus - WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang sangat populer saat ini. WhatsApp sendiri tidak hanya bisa mengirim pesan, WhatsApp juga mampu melakukan panggilan seperti layaknya panggilan telpon biasa dan juga melakukan video call.

Banyak fitur yang di sediakan di dalam aplikasi WhatsApp, salah satu fitur yang sangat banyak digunakan yaitu fitur hapus pesan/tarik pesan yang sudah terkirim. Fitur tersebut memungkinkan sobat untuk menghapus pesan yang salah ketik ataupun salah kirim, dengan adanya fitur ini sobat bisa mengurangi salah-salah tulis.

Namun, meskipun begitu fitur ini memiliki kekurangan, kukurangannya yaitu pesan yang dihapus tersebut akan meninggalkan jejak atau pemberitahuan pesan ini telah dihapus dan nantinya akan membuat penasaran si penerima pesan. Fitur ini juga akan berfungsi setelah pesan terkirim selama 7 menit, jadi pesan tersebut akan terhapus dan penerima tidak akan bisa membacanya.

Jika teman sobat mengirim pesan dan pesan tersebut dihapus olehnya pasti sobat akan penasaran dengan isi pesan yang dikirim, namun gimanapun sobat tidak akan bisa mengetahui isi pesan yang telah dihapus tersebut.

Akan tetapi ada cara untuk bisa melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus itu, pada artikel ini saja akan jelaskan bagaimana cara melihatnya. Jadi silahkan sobat simak tutorial bagaimana cara membaca pesan WhatsApp yang dihapus pada berikut ini.

Cara Melihat Pesan WhatsApp Yang Dihapus

Untuk dapat melihat pesan WhatsApp yang dihapus pengirim sebenernya sangatlah mudah, sobat bisa mengetahui pesan tersebut dengan bantuan aplikasi ataupun tanpa aplikasi sama sekali. Nah disini saya akan memberikan tutorial untuk keduanya menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi, jadi silahkan sobat simak tutorialnya.

1. Melihat Pesan WA Yang Dihapus Tanpa Aplikasi

Untuk tutorial yang pertama saya akan membahas tutorial tanpa menggunakan aplikasi, jadi disini sobat tidak perlu lagi download aplikasi pihak ketiga untuk dapat mengetahui pesan yang dihapus tersebut, berikut tutorialnya :
  1. Buka file manager pada hp android sobat.
  2. Selanjutnya silahkan sobat cari folder penyimpanan Internal > WhatsApp > Datebase.
    cara melihat pesan wa yg sudah dihapus tanpa aplikasi
  3. Pada folder Database merupakan tempat file pesan yang sudah ditarik oleh si pengirim wa tersebut.
    cara melihat pesan wa yg sudah dihapus tanpa aplikasi
  4. Silahkan sobat copy semua datebase yang ada. Punya saya disini hanya 1 saja, mungkin di android sobat ada lebih banyak.
  5. Pindahkan datebase tersebut ke folder lain, jangan di paste ke folder database WhatsApp.
  6. Setelah database berhasil disalin, selanjutnya silahkan sobat copot pemasangan aplikasi WhatsApp yang sobat miliki. Jangan lupa untuk memback up data-data WhatsApp sebelum menghapusnya.
  7. Selanjutnya silahkan sobat ubah Msgstore.db.crypt menjadi Msgstore.db.crypt** (tanpa menghapus tanda **).
  8. Setelah berhasil di ubah, langkah selanjutnya copy Msgstore.db.crypt** dan salin pada folder datebase WhatsApp.
  9. Sekarang sobat bisa kembali menginstall aplikasi WhatsApp tersebut, silahkan download pada google playstore.
  10. Silahkan login ke akun WhatsApp sobat sebelumnya.
  11. Sobat akan melihat pilihan untuk memulihkan data yang telah tersimpan sebelumnya, silahkan sobat klik Pulihkan untuk memulihkan semua data-data sebelumnya.
  12. Sekarang sobat bisa melihat isi pesan yang sebelumnya sudah dihapus.
  13. Selesai.
Untuk cara yang pertama ini memang sedikit ribet, lantaran sobat harus memindahkan file datebase dan harus menghapus aplikasi WhatsApp tersebut. Jika sobat tidak mau menggunakan cara yang pertama sobat bisa menggunakan cara yang berikutnya, cara berikutnya akan menggunakan bantuan aplikasi. Berikut tutorialnya :

2. Menggunakan Aplikasi WhatsApp Removed

  1. Pertama, silahkan sobat download aplikasi WhatsApp Removed di google playstore.
  2. Setelah berhasil di download silahkan buka aplikasi tersebut. Jika aplikasi meminta untuk mengijinkan akses, silahkan sobat klik izinkan.
  3. Selanjutnya silahkan sobat centang pada aplikasi WhatsApp dan klik berikutnya.
    cara melihat pesan wa yg sudah dihapus
  4. Setelah berhasil masuk ke aplikasi, sobat akan melihat pesan yang dihapus oleh sipengirim seperti gambar.
    cara melihat pesan wa yg sudah dihapus
  5. Dengan begitu sobat akan tau apa isi pesan yang dihapus tersebut.
  6. Selesai.
Perhatian langkah ke 4!
  • Pada angka 1, itu merupakan pesan yang terkirim ke sobat.
  • Pada angka 2, itu merupakan isi pesan angka 1 yang telah dihapus.
Nah, apabila teman sobat mengirim pesan WhatsApp dan pesan tersebut dihapus, sobat bisa langsung membuka aplikasi WhatsApp Removed ini untuk mengetahui isi pesan dari teman sobat tersebut.

3. Menggunakan Aplikasi Racent Notification

  1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasi Racent Notification di google playstore.
  2. Setelah berhasil didownload, selanjutnya silahkan buka aplikasi tersebut. Jika aplikasi miminta akses untuk berjalan, silahkan sobat izinkan saja.
  3. Tunggu hingga beberapa saat sampai sobat masuk kemenu aplikasi.
  4. Setelah berhasil masuk sobat akan melihat pesan WhatsApp yang dihapus sipengirim pada menu Notification.
    cara melihat pesan wa yg sudah dihapus
  5. Tidak hanyan pesan WhatsApp saja, sobat juga bisa membaca semua pesan yang masuk ke hp sobat, contoh seperti pesan sms, telepon, notifikasi pembaruan sistem dan notifikasi lainnya. 
Perhatian langkah ke 4!
  • Pada angka 1, itu merupakan pesan yang terkirim ke sobat.
  • Pada angka 2, itu merupakan isi pesan angka 1 yang telah dihapus.
Nah, bagaimana mudahkan?. Memang menggunakan aplikasi jauh lebih mudah dari pada tanpa menggunakan aplikasi, jadi silahkan sobat gunakan salah satu cara yang sudah tersedia diatas.

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara melihat pesan wa yang sudah dihapus, silahkan sobat pilih diantara ketiga tutorial mana yang akan sobat gunakan. Jadi untuk saat ini sobat tidak perlu lagi penasaran terhadap isi pesan yang dihapus si pengirim, karena sobat sudah tau bagaimana cara melihat pesan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros

Tutorial Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root Dengan Mudah

Cara Bobol WiFi Dengan Termux Android Tanpa Root 2020