Cara Mudah Memperbaiki Kartu Sim Tidak Terbaca / Terdeteksi Di Android

Kartu sim tidak terbaca
Pada artikel kali ini, saya akan membagikan sebuah cara untuk dapat mengatasi kartu sim yang tidak terbaca pada hp android. Mungkin anda pernah mengalami hal yang serupa dengan saya, dimana hp android yang kita miliki tidak bisa membaca kartu sim yang telah kita masukkan. Anda tidak perlu khawatir dengan masalah ini, karena disini saya akan memberikan tutorial singkat bagaimana cara memperbaiki sim card yang tidak terbaca tersebut.

Sim card sendiri memiliki fungsi yang sangat penting pada smartphone, dimana sim card dapat menyimpan nomor hp teman, pacar ataupun keluarga sekaligus tanpa ada batasan yang ditetapkan. Tidak hanya itu, sim card juga dapat membantu anda untuk terus terhubung dengan internet, anda bisa membeli paket data yang sudah di sediakan provider sim card yang anda gunakan.

Masalah pada sim card tidak terbaca memang sering sekali dialami oleh pengguna android, tanda-tanda sim card tidak terbaca yaitu tidak ada layanan dari provider yang digunakan dan slot sim card tidak terdeteksi sama sekali. Banyak hal yang menyebabkan sim card tidak terdeteksi oleh android, contohnya : sim card memang rusak, kuningan sim card kotor, kesalahan pada setingan yang tidak disengaja dan beberapa penyebab lainnya.

Penyebab Kartu Sim Tidak Terbaca Dengan Baik

Sebelum anda masuk pada tahap memperbaikinya, sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui beberapa penyebab yang membuat kartu sim anda tidak terbaca sama sekali. Penyebabnya sebagai berikut :

1. Terlalu Sering Memindahkan Kartu Sim
Penyebab pertama yang sering sekali terjadi yaitu seringnya memindahkan kartu sim card dari satu hp ke hp android lainnya. Hal yang harus anda ketahui adalah memindahkan kartu sim terlalu sering merupakan kesalahan yang cukup fatal, yang dapat berakibatkan kerusakan pada sim card. Jika anda terlalu sering memindahkan kartu sim sebaiknya mulai sekarang anda tinggalkan, hal tersebut dapat menyebabkan kuningan pada kartu sim tergores dan tidak terbaca.

2. Faktor Ketidak Sengajaan
Faktor ketidak sengajaan ini bisa di artikan sebagai hp anda pernah terjatuh dan mengalami kerusakan pada sistem, kerusakan tersebut mungkin menjadi menyebabkan kartu sim anda tidak terbaca. Untuk masalah ini sebaiknya anda atasi dengan mengatarkan hp android anda ke konter service yang ada.

3. Kuningan Kartu Sim Kotor dan Lecet
Seperti yang sudah saya katakan diatas, terlalu sering mencabut kartu sim dapat menyebabkan kartu sim menjadi kotor dan hal paling parahnya dapat mengakibatkan kartu sim menjadi lecet, jika kartu sim sudah lecet parah maka tidak akan bisa digunakan lagi.

Untuk dapat mengatasi penyebab diatas dan penyebab lainnya, anda bisa mengikuti langkah langkah memperbaiki kartu sim card berikut ini, silahkan anda ikuti setiap langkah langkah yang ada.

Baca juga : Cara Melacak HP Android Yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara Memperbaiki SIM Card Yang Tidak Terbaca Sama Sekali

1. Mengecek Koneksi Sim Card Di Daerah Anda
Hal pertama dan termudah yang bisa anda lakukan yaitu memeriksa koneksi sim card yang di gunakan pada daerah anda. Silahkan tanya kepada teman yang menggunakan sim card yang sama dengan anda, apakah dia mengalami hal yang sama dengan anda, jika sama maka dapat dipastikan terdapat gangguan koneksi layanan pada daerah anda.

2. Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Pesawat/Airplane Mode
Hal yang bisa anda lakukan berikutnya yaitu dengan cara mengaktifkan dan menonaktifkan Mode Pesawat/Airplane Mode, setelah anda aktifkan Mode Pesawat silahkan anda tunggu hingga 3 menit dan selanjutnya silahkan anda nonaktifkan kembali Mode pesawat tersebut. Sekarang lihat, apakah sim card sudah ada layanan.

Baca juga : Melacak HP Yang Hilang Dengan Nomor IMEI

3. Merestart HP Android Anda
Jika cara pertama tidak berhasil, cara selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan merestart hp android anda. Dengan melakukan restart berarti anda sedang melakukan penyegaran terhadap hp android yang di miliki, untuk melakukan restart anda bisa menekan tombol power pada hp anda dan silahkan anda pilih menu restart/muat ulang.

4. Membersihkan Sim Card
Cara berikutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan membersihkan sim card yang tidak terdeteksi. Silahkan anda buka sim card pada hp android anda dan silahkan cek apakah kuningan sim card kotor, jika kotor silahkan anda bersihkan menggunakan penghapus pensil, anda bisa membersihkannya secara perlahan-lahan.

5. Coba Sim Card Lain
Jika anda sudah menerapkan ketiga cara diatas dan sim card tidak terbaca juga, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan memasukkan sim card lain pada hp android anda. Jika sim card lain terdeteksi pada hp anda, maka dapat dipastikan sim card lama anda sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi, silahkan anda ganti ke sim card yang baru.

6. Mereset HP Android Yang Anda Miliki.
Apabila kelima cara diatas tidak berbuah hasil, maka langkah selanjutnya anda bisa melakukan peresetan terhadap android yang anda miliki. Mungkin telah terjadi kerusakan/konsleting terhadap hp anda yang disebabkan oleh banyaknya aplikasi, dengan melakukan peresetan maka semua akan dapat diatasi.

Baca juga : Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Hal yang harus anda ketahui adalah mereset dan merestart itu berbeda, mereset merupakan sebuah tindakan mengembalikan semua sistem seperti semula (setelan pabrik) jadi data-data yang anda miliki akan hilang, sedangkan merestart merupaka sebuah tindakan penyegaran terhadap hp dan tidak menghilangkan data dan aplikasi anda.

7. Melakukan Claim Garansi (jika masih berlaku)
Hal yang terakhir yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengclaim garansi hp anda, untuk mengclaim garansi silahkan anda datangi toko saat anda membeli hp tersebut dan silahkan anda adukan masalah sim card tidak terbaca. Kali saja ada kerusakan dari pabrik yang membuat sistem android anda tidak bekerja dengan maksimal.

Akhir Kata

Nah, begitualah cara memperbaiki kartu sim tidak terbaca pada hp android anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda mengatasi masalah yang sedang anda alami dan jika anda memiliki pertanyaan, silahkan anda bertanya pada kolom komentar saya akan menjawab pertanyaan anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros

Tutorial Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root Dengan Mudah

Cara Bobol WiFi Dengan Termux Android Tanpa Root 2020