7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah Agar Kembali Cepat Seperti Baru

cara mengatasi laptop lemot
Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi laptop lemot tanpa perlu melakukan install ulang. Untuk dapat mengatasi laptop lelet atau lambat sangatlah mudah dilakukan, anda bisa melakukannya sendiri dirumah tanpa harus membawanya ke tempat service laptop yang sudah anda.

Untuk saat ini laptop sudah banyak memiliki variasi mulai dari merk mewan dan merk standar, dengan memiliki harga dan spesifikasi yang berbeda-beda. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, semua laptop akan mengalami masalah seperti lemot atau lambat dalam merespon apa yang ingin anda lakukan.

Sebagai pengguna laptop yang aktif, tentu anda akan sangat kesal apabila laptop yang digunakan tiba-tiba lemot. Terlebih apabila anda sedang mengerjakan tugas yang harus di selesaikan hari itu juga, ini akan sangat menghambat kerja anda dan bisa-bisa membuat anda stress. Hal tersebut memang tidak bisa dihindari, apalagi laptop yang anda gunakan memang sudah lama tidak diservice.

Anda tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut, anda bisa mengatasinya dengan mengikuti beberapa cara pada artikel ini agar laptop anda tidak lemot kembali. Namun anda juga harus tau juga apa penyebab laptop lemot dan nantinya anda bisa menghindari penyebab-penyebab tersebut. Berikut ini penyebab dan cara termudah mengatasi laptop lemot.

Beberapa Penyebab Laptop Menjadi Lemot

1. Banyaknya program software yang diinstall pada laptop.

Hal ini memang sesuatu yang biasa, namun jika terlalu banyak menginstall software atau game juga merupakan salah satu penyebab laptom menjadi lemot. Anda harus lebih selektif lagi dalam menginstall software yang anda inginkan, anda harus memikirkan seberapa sering software yang ingin ada install untuk anda pakai.

Jangan terlalu banyak menunpuk software-software yang sering tidak di gunakan, hal tersebut dapat menyebabkan beban terlalu banyak yang harus di tanggung oleh RAM dan dapat berakibatkan laptop anda menjadi lemot.

2. Kapasitas RAM yang sangat kecil

Penyebab berikutnya yang membuat laptop menjadi lemot yaitu kapasitas RAM yang terpasang pada laptop sangat minim, terlebih apabila laptop banyak menjalankan software-software yang sangat berat dan membutuhkan source yang cukup tinggi. Maka dapat di pastikan laptop anda akan mengalami proses pelambatan.

3. Laptop terinfeksi Virus, Malware, Trojan dan Spyware.

Hal yang sering sekali terjadi dan membuat laptop menjadi lemot yaitu banyaknya virus pada laptop yang anda miliki. Umumnya virus-virus tersebut cenderung menggunakan laptop tanpa sepengetahuan pemilik, virus-virus itu bermunculan akibat terlalu sering mendownload software-software bajakan, untuk itu silahkan anda kurangi mendownload software bajakan yang ada.

4. File temporary yang telah menumpuk

Hal yang harus anda ketahui, saat anda melakukan instalasi widows sistem pada laptop juga terkadang mengistall beberapa file dengan alasan tertentu dam sebenernya file tersebut tidak anda butuhkan sama sekali. Nah, file-file ini merupakan salah satu penyebab dari beberapa penyebab laptop anda menjadi lemot.

Itulah beberapa penyebab laptop menjadi lemot yang sering sekali terjadi, sebaiknya anda hindari penyebab-penyebab diatas. Tahap selanjutnya kita akan masuk ke proses perbaikan laptop yang lemot, lantas bagaimana cara memperbaiki laptop lemot? Berikut ini cara memperbaikinya :

Baca juga : Cara Membobol WiFi Dengan CMD Seperti Hacker Dengan Mudah 100% WORK!

Cara Memperbaiki Laptop Lemot Dengan Mudah

1. Mengatasi Laptop Lemot Akibat Banyaknya Software Terinstall

Untuk mengatasi laptop lemot yang di akibatkan banyaknya software terinstall, anda bisa memeriksa kembali dan menghapus beberapa software yang jarang anda gunakan. Anda bisa melihat perogram yang terinstall melalui Pengaturan/Setting > Apps untuk pengguna Windows 10, jika anda pengguna Windows 7 dan 8 anda bisa melihatnya melalui Control Panel.

2. Penambahan Kapasitas RAM

Cara terampuh untuk memperbaiki laptop yang lemot yaitu dengan menambah kapasitas RAM yang ada. Kapasitas RAM yang lebih besar, akan membantu kelancaran beberapa software yang sedang anda gunakan secara bersamaan. Hal yang harus anda perhatikan jika ingin menambah kapasitas RAM adalah silahkan anda lihat terlebih dahulu berapa kapasitas maksimal yang bisa ditambahkan pada laptop.

3. Menggunakan Antivirus Premium

Untuk cara memperbaiki berikutnya yaitu dengan menggunakan antivirus premium, antivirus premium berfungsi sebagai penghalang atau pengaman masuknya virus-virus jahat ke laptop anda yang dapat berakibatkan laptop anda menjadi lemot. Setelah memiliki antivirus sebaiknya setiap seminggu sekali lakukan proses scanning virus pada laptop anda, agar laptop anda lebih terjaga sepanjang hari.

Baca juga : Cara Upload Foto Di Instagram Lewat PC / Laptop Tanpa Menggunakan Aplikasi 2018

4. Gunakan Aplikasi Seperlunya Saja

Jika anda sedang beraktifitas menggunakan laptop sebaiknya anda perhatikan aplikasi-aplikasi yang sedang anda gunakan, janggan gunakan aplikasi terlalu banyak. Hal tersebut dapat membebankan RAM laptop anda bekerja dua kali lipat dari biasanya dan dapat menyebabkan laptop menjadi sangat lemot. Untuk itu silahkan anda tutup beberapa aplikasi dan lakukan pembersihan RAM laptop dengan menggunakan task manager.

5. Uninstall dan Membersihkan Drive C

Melakukan pembersihan pada Drive C juga sangat penting untuk dilakukan, serta menguninstall aplikasi-aplikasi besar juga dapat memperbaiki laptop yang lemot. Seiring waktu peforma laptop akan menurun, sehingga anda diharuskan memelihara dan melakukan pembersihan dari aplikasi-aplikasi yang memakan kapasitas memori terlalu banyak.

6. Membersihkan Dalam Laptop

Langkah selanjutnya yang bisa anda terapkan untuk mengatasi laptop yang lemot yaitu dengan cara membersihkan dalaman fisik laptop, mungkin saja di dalam fisik laptop terdapat banyak debu yang menyumbat dan dapat membuat laptop anda cepat panas tidak karuan. Sebaiknya segera anda lakukan pembersihan dalaman laptop yang anda miliki.

7. Menggunakan Thermal Paste

Thermal Paste merupakan sebuah pasta yang dapat anda olehkan pada processor yang anda miliki, Thermal Paste sendiri dapat membantu mendinginkan processor dan menjaga suhu processor agar tidak panas berlebihan. Processor yang panas dapat mengakibatkan laptop menjadi lemot dan kehilangan peforma saat sedang anda gunakan.

Baca juga : 3 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Sama Sekali Di Laptop/Komputer

Akhir Kata

Nah, itulah 7 cara mengatasi laptop lemot dengan mudah. Silahkan ada terapkan satu persatu dari langkah-lagkah diatas dan silahkan anda rasakan bagaimana kinerja laptop anda setelah anda menerapkan cara memperbaiki laptop lemot diatas. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda mengatasi masalah yang sedang anda alami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros

Tutorial Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root Dengan Mudah

Cara Bobol WiFi Dengan Termux Android Tanpa Root 2020