Cara Mengatasi Laptop Black Screen / Layar Hitam Setelah Starting Windows

Cara Mengatasi Laptop Black Screen
Black screen atau yang sering di ketahui sebagai layar hitam merupakan sebuah masalah pada layar yang dimana layar tersebut tidak menampilkan apa yang harus di tampilkan. Biasa black screen ini terjadi pada perangkat elektronik seperti laptop, ponsel genggam, pc dan lainnya. Jika di ponsel genggam black screen biasa di kenal sebagai bootloop, dan di laptop di kenal sebagai black screen atau layar hitam.

Tanda-tanda terjadinya black screen yaitu layar laptop blank hitam tidak bisa makuk bios akan tetapi hidup, laptop blank hitam saat booting dan masih banyak tanda-tanda lainnya. Sebelum anda masuk pada tahapan cara mengatasi laptop black screen, sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui penyebab terjadinya black screen.

Penyebab Laptop Black Screen / Blank Hitam

Menurut saya penyebab dari terjadinya black screen ini tidak menentu, tidak menentu dalam artian banyak macam kasus yang menyebabkan black screen tersebut. Salah satu penyebab yang umum terjadi yaitu terdapat ketidak cocokan atau tidak pas antara sistem pada laptop anda dengan aplikasi yang anda pasang, hal ini menyangkut dalam konteks software.

Mungkin anda ingin memasang sebuah game pada laptop anda, akan tetapi laptop anda tidak mendukung dan anda tetap memaksa untuk memasang game tersebut, hal itu merupakan salah satu penyebab terjadinya black screen. Tidak hanya itu, banyaknya virus di laptop yang anda miliki juga dapat menyebabkan black screen tersebut.

Kemudian dalam konteks hardware biasanya yang menjadi penyebab ialah ram, vga, monitor dan hal lainnya. Disini saya menyimpulkan, apabila layar laptop hitam setelah starting windows sudah di pastikan laptop anda mengalami black screen, beberapa penyebabnya seperti di atas. Sebelum anda memperbaikinya sebaiknya anda mengetahui titik kerusakannya dimana.


Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam

Disini saya memiliki 2 cara untuk dapat mengatasi laptop blank hitam, 2 cara tersebut tentunya berbeda-beda. Sebelum anda menerapkan kedua cara ini, sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab laptop anda menjadi black screen. Jika anda sudah mengetahui titik masalahnya, Anda bisa menerapkan cara mengatasi yang akan saya lakukan, simak selengkapnya berikut ini :

1. Mengatasi Laptop Blank Hitam / Black Screen Karena Software

Yang harus anda lakukan jika laptop anda black screen karena software, hanya ada satu cara yang bisa mengatasi masalah ini yaitu dengan cara masuk melalui safe mode. Safe mode merupakan mode aman dari sebuah system, windows akan mengaktifkan file-file penting yang ada pada laptop anda, jadi tidak semua file akan aktif.

Setelah anda masuk ke safe mode, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu dengan menghapus aplikasi yang anda rasa menjadi penyebab terjadinya black screen. Setelah itu silahkan anda coba restart, jika semua kembali normal berarti masalahnya ada pada software.

Jika anda tidak bisa mengakses safe mode, itu merupakan tanda-tanda kerusakan yang sangat fatat pada sistem operasi, atau bisa di sebabkan juga oleh virus. Satu-satunya cara mengatasi laptop blank hitam yaitu dengan cara menginstall ulang.


2. Cara Mengatasi Laptop Black Screen / Blank Hitam Karena Hardware

Ini merupakan langkah terakhir untuk dapat mengatasi laptop anda yang black screen, yang harus anda lakukan untuk pertama kali yaitu dengan cara meriksa vga, ram dan monitor laptop anda. Silahkan anda periksa satu persatu dan silahkan anda coba bersihkan kuningan dengan menggunakan penghapus pensil secara perlahan-lahan.

Jika sudah anda bersihkan cobalah untuk memeriksa kabel vga, untuk memeriksanya anda bisa menggunakan kabel vga lain, jika berhasil berarti anda diminta untuk mengganti kabel vga tersebut. Jika black screen masih berlanjut, cobalah untuk mengikuti cara mengatasi layar hitam pada laptop windows berikut ini :
  1. Untuk langkah yang pertama saat anda melihat layar hitam tersebut cobalah anda menekan CTRL + ALT + ESC atau CTRL + ALT + Del (untuk membuka task manager).
  2. Langkah selanjutnya anda bisa mengklik New Task, lalu silahkan anda cari regedit dan klik tombol ok.
    Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam
  3. Selanjutnya akan mucul sebuah pop up, silahkan anda klik Yes. Selanjutnya akan muncul |sebuah halaman Computer\HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer, silahkan anda hapus file "ExplorerStartupTraceRecorded" dengan cara mengklik kanan dan delet.
    Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam
  4. Langkah selanjutnya silahkan anda menutup tab tersebut, dan silahkan anda restart dengan cara menekan kembali CTRL + ALT + Del dan akan ada menu restart di pojok kiri, silahkan anda klik.
  5. Selesai.

Penutup

Jika dengan cara di atas laptop anda kembali seperti semula, kemunginan besar masalah yang anda alami sama seperti apa yang saya alamai. Apabila masih tidak bisa juga, silakan anda berkomentar pada kolom komentar saya akan membantu anda. Begitulah cara mengatasi laptop black screen / layar hitam setelah startting windows.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros

Tutorial Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root Dengan Mudah

Cara Bobol WiFi Dengan Termux Android Tanpa Root 2020