Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Atau Tidak Tersedia Di Android

Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia di Android
Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul - Untuk saat ini jaringan internet merupakan salah satu kebutuhan yang harus di penuhi oleh setiap orang. Biasanya untuk dapat terhubung ke jaringan internet anda menggunakan fasilitas wifi ataupun menggunakan paket data seluler yang sudah di sediakan oleh berbagai provider, denga begitu anda akan dapat terhubung ke jaringan internet.

Apa jadinya jika jaringan seluler tidak tersedia di android? Tentu hal tersebut akan membuat anda jengkel, apalagi ini terjadi saat anda sedang asik-asiknya bermain game oline atau sedang chatingan dengan gebetan anda. Mungkin saat ini anda sedang bertanya-tanya, kenapa data seluler tidak muncul pada android? Jika sambungan data android tidak muncul anda harus mencari cara mengatasi jaringan seluler tidak tersedia di android yang anda miliki.

Nah, disini saya akan memberikan penjelasan apa saja yang menjadi penyebab dan cara mengatasi data seluler tidak muncul di android. Sebaiknya simak penjelasan berikut ini, agar nantinya jika anda mengalami ini lagi, anda sudah bisa mengatasinya dengan cepat.

Beberapa Penyebab Data Seluler Tidak Muncul Di Android

Banyak hal yang menjadi penyebab data seluler tidak muncul atau tidak tersedia di android, beberapa penyebab tersebut yaitu : 
  1. Data seluler tidak tersedia umumnya karena adanya gangguan teknis dari operator.
  2. Menggunakan Sim card baru, dengan menggunakan Sim card baru juga merupakan salah satu penyebab data seluler tidak muncul.
  3. Seringnya mengakses internet gratis, seringnya anda mengakses internet secara gratis daoat menyababkan provider sim card anda melakukan pemblokiran terhadap sim card yang anda miliki.
  4. Kerusakan pada android.

Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia di Android

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab yang membuat data seluler tidak muncul ataupun tidak tersedia di android, sekarang waktunya anda mengetahui cara mengatasi jaringan seluler tidak tersedia di android. Berikut ini cara mengatasinya :

1. Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Pesawat

Cara mengatasi jaringan seluler tidak tersedia pertama adalah dengan mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat pada hp android yang anda miliki. Cara yang pertama ini sangat simpel dan juga sangat mudah anda terapkan, meski terlihat mudah akan tetapi cara ini sangat ampuh untuk dapat memperbaiki data seluler yang tidak muncul.

Anda bisa mengaktifkan mode pesawat pada hp android yang anda miliki dengan membuka bar notifikasi atau dengan mengaturnya dari menu pengaturan. Jika anda sudah mengaktifkan mode pesawat terebut, tunggulah hingga 10 detik dan cobalah untuk menonaktifkan mode pesawat tersebut.

2. Dengan Merestart Hp Android Tersebut

Jika cara yang pertama tidak bisa mengembalikan data seluler yang tidak muncul maka cobalah untuk menggunakan cara yang kedua ini. Cobalah anda restart hp android milik anda, dan tunggu hingga beberapa saat dan aktifkan kembali.


3. Mencabut Sim Card Yang Ada

Jika kedua cara di atas juga tidak mampu untuk memperbaiki jaringan seluler di android anda, maka cobalah untuk mencabut sim card yang kehilangan jaringan seluler. Setelah anda mencabut sim card tersebut cobalah untuk membersihkan kuningan pada sim card tersebut, anda bisa membersihkannya dengan menggunakan penghapus yang bersih, saya sarankan menggunakan penghapus faber castell.


4. Mengganti Sim Card Baru

Cara keempat untuk dapat mengatasi jaringan seluler yang tidak tersedia di android yaitu dengan mengganti sim cardnya dengan sim card yang baru. Dengan mengganti sim card yang baru anda akan bisa melihat penyebab data seluler tidak muncul. Jika dengan mengganti sim card dan data seluler muncul bisa di pastikan ada gangguan dari provider sim card yang anda pakai sebelumnya.

5. Melakukan Reset Android

Jika semua cara di atas sudah anda coba dan tidak juga membuahkan hasil, dapat di pastikan penyebab data seluler tidak mencul yaitu ada kerusakan pada sistem android yang anda miliki. Jika anda tidak paham untuk melakukan reset android tersebut, sebaiknya anda menggunakan jasa servic yang ada pada konter hp.


Penutup

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi data seluler tidak muncul atau tidak tersedia di android, anda bisa mencoba cara-cara di atas dengan satu persatu. Jika anda mengalami masalah dalam menerapkan cara di atas, anda bisa berkomentar pada kolom komentar dan saya akan membantu anda untuk dapat memperbaikinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros

Tutorial Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root Dengan Mudah

Cara Bobol WiFi Dengan Termux Android Tanpa Root 2020