7 Tips Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lama

Cara Menghemat Baterai HP Andorid
Cara Menghemat Baterai HP Andorid - Tipe hp android  memang memiliki banyak keunggulan daripada hp tipe biasa. Maklum, harganya yang memang sedikit mahal tidak ragu rasanya jika menyebut ponsel jenis knk sebagai perangkat keras berkualitas. Dibalik kualitasnya yang mumpuni ternyata android masih memiliki kekurangan, terutama pada daya tahan baterainya.

Sulit rasanya menemukan hp android yang baterainya bisa bertahan lama hingga berhari-hari. Apalagi jika anda memiliki hp android merek oppo dan asus, biasanya kedua merek tersebut memiliki baterai yang cukup boros. Mungkin saat ini anda sedang bertanya-tanya bagaimana cara membuat baterai android tahan lama, sekarang anda tidak perlu khawatir karena pada artikel ini saya akan membagikan sebuah cara menghemat baterai yang boros.

Memang menghemat baterai ponsel tipe ini bukanlah suatu hal yang mudah, bahkan menggunakan aplikasi penghemat baterai pun belum bisa membuat baterai menjadi awet dan tahan lama. Tapi anda tak perlu khawatir, berikut ini saya sampaikan bagaimana tips menghemat baterai hp android agar tahan lama. Yuk, langsung saja baca artikel berikut ini :

7 Tips Menghemat Baterai Smartphone Supaya Awet


1. Gunakan Cahaya Layar Rendah.

Cahaya layar yang sangat tinggi merupakan salah satu penyebab dari borosnya baterai hp android, maka dari itu gunakanlah cahaya layar rendah untuk dapat menghemat baterai hp anda. Cahaya layar sendiri berguna untuk menentukan tingkat kecerahan layar suatu Android/smartphone. Semakin terang tentunya semakin memakan konsumsi daya baterai. Gunakan cahaya layar yang tidak terlalu terang tetapi tetap tidak membuat mata anda sakit melihatnya.

Baca juga : Bagaimana Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Baterai Tidak Cepat Habis

2. Atur Waktu Tidur Layar yang Singkat

Waktu tidur merupakan waktu yang diperlukan diperlukan untuk layar android menjadi mati setelah tidak digunakan lagi. Tentu saja, semakin lama layar android menyala maka akan menghabiskan konsumsi daya baterai lebih banyak. Untuk mengatasinya, jangan biarkan layar android anda menyala dalam jangka waktu yang lama.

3. Tidak Menggunakan Mode Getaran

Getaran pada android bisa membuat daya baterai terkuras. Hal ini dikarenakan adanya motor elektrik yang digunakan untuk menggetarkan smartphone. Jadi, untuk meminimalisir penggunaan baterai android matikan mode getar dan beralihlah ke mode suara.

Baca juga :  Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Atau Tidak Tersedia Di Android

4. Gunakan Wallpaper Hitam

Seperti yang telah disebutkan diatas, semakin terang atau cerah layar suatu ponsel maka daya baterai semakin terkuras. Berbeda ketika anda menggunakan walpaper berwarna hitam atau gelap, baterai bisa lebih dihemat penggunaannya. Wallpaper hitam cocok digunakan pada Smartphone yang menggunakan layar AMOELD.

5. Mematikan Data Seluler, WiFi, Bluetooh, dan GPS Saat Tidak Digunakan.

Data seluler, wifi, bluetooth, dan gps merupakan hal yang juga bisa menjadi penyebab terkurasnya daya baterai smartphone. Untuk mengatasinya, anda perlu mematikan keempat fitur tersebut pada saat tidak digunakan.
Mengapa? Keempat fitur tersebut ketika menyala akan mencari sinyal terus menerus walau tidak sedang digunakan. Maka dari itu, matikan saja fitur tersebut bila tak diperlukan untuk menghemat penggunaan baterai anda.

Baca juga : Cara Menghapus Akun FB Sementara / Permanen Di HP Android

6. Kurangi Widget dan Matikan Sinkronisasi

Jangan terlalu menggunakan banyak widget pada smartphone atau android anda, apalagi widget yang tidak terlalu anda perlukan. Contohnya saja widget yang terkoneksi dengan internet seperti widget cuaca.
Selain itu, sinkronisasi juga perlu dimatikan bila tidak dibutuhkan. Sinkronisasi email, update aplikasi, dan yang lainnya jika dihidupkan secara terus menerus bisa mengurangi konsumsi baterai anda dalam jumlah besar.

7. Memasang Pemberitahuan Layar Kunci

Cara berikutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan memasang pemberitahuan layar kunci. Pasti anda pernah menggunakan layar kunci bukan? Baik berupa pola, password ataupun angka. Ketika posisi layar terkunci dan ada pemberitahuan maka anda akan membuka terlebih dahulu kunci tersebut.

Membuka kunci tersebut tentu saja menguras daya baterai anda meski sedikit.
Tetapi jika anda menggunakan fitur pemberitahuan layar kunci maka anda bisa langsung melihat pemberitahuan pada hp anda tanpa harus membuka kuncinya. Hal ini tentu saja bisa menghemat penggunaan baterai anda daripada harus repot-repot membuka kuncinya.

Penutup

Itulah 7 cara yang dapat anda lakukan untuk menghemat baterai android anda. Dengan baterai yang tahan lama, maka akan baik juga untuk kinerja ponsel anda. Anda juga bisa menggunakan cara di atas untuk menghemat baterai hp oppo dan juga asus, sekian postingan kali ini saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros

Tutorial Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root Dengan Mudah

Cara Bobol WiFi Dengan Termux Android Tanpa Root 2020