Tutorial Cara Install Ulang Windows 7 Dengan CD/DVD Untuk Pemula

Cara Install Ulang Windows 7 Dengan CD
Pada artikel kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial cara install ulang windows 7 dengan cd/dvd. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu mengatasi permasalahan yang sedang anda alamai.

Mungkin anda pernah berpikir mengapa komputer/laptop yang anda miliki harus di instal ulang? Hal yang sering di alami para pengguna komputer yaitu komputer yang dimiliki telah banyak menyimpan virus-virus yang mungkin sangat berbahaya pada kesehatan komputer tersebut.

Dengan menumpuk virus-virus tersebut dapat menyebabkan komputer anda lemot, bahkan tanpa anda sadari, virus-virus tersebut dapat mencuri data-data penting yang anda miliki. Sebelum semua itu terjadi silahkan anda instal antivirus terbaik dan ringan yang tersedia banyak di google.

Jika komputer anda memang di haruskan untuk di instal ulang, maka ikuti cara-cara yang akan saya lakukan dan terapkan cara demi cara. Berikut ini cara mengintal windows 7 (seven).

Cara Menginstall Ulang Windows 7 Dengan CD/DVD

Untuk cara yang pertama saya akan menginstal ulang dengan menggunakan CD/DVD. Dengan cara ini, proses penginstalan memakan waktu 30menit sampai 1jam, tergantung pada kelancaran proses penginstalan dan koneksi.

Berikut ini cara mudah menginstall ulang windows 7 dengan baik dan benar, yang bisa anda terapkan sendiri tanpa perlu membawanya ke tukang service, simak cara-caranya berikut ini.

Cara Mudah Mengistall Ulang Windows 7 Dengan Baik Dan Benar

  1. Siap kan kompute/laptop yang ingin anda instal ulang. (*saat proses penginstalan usahakan baterai mencapai 70%-80%, jika tidak mencukupi silahkan sambil anda charger). Baterai yang mencukupi dapat menghindarkan anda dari komputer anda mati mendadak.
  2. Hidupkan komputer/laptop yang anda miliki.
  3. Masukkan CD/DVD yang sudah anda sediakan. Jika anda terlambat untuk memasukkan cd/dvdnya silahkan anda tunggu hingga proses booting selesai, setelah proses booting selesai silahkan anda masukkan cd/dvd tersebut, selanjutnya anda restart komputer/laptop anda.
  4. Setelah itu anda akan melihat tampilan pengaturan seperti di bawah. Pada pengaturan ini silahkan anda rubah "Time and currency forman" menjadi Indonesia, untuk yang lain biarkan saja default dan klik "Next".
    Cara Menginstal Ulang Windows 7 Dengan CD/DVD
  5. Tahap selanjutnya silahkan anda klik "Install Now".
    Cara Menginstal Ulang Windows 7 Dengan CD/DVD
  6. CD/DVD anda akan menampilkan beberapa opsi seperti gambar, selanjutnya silahkan anda pilih opsi "Ultimate". Jika CD/DVD anda tidak menampilkan opsi-opsi tersebut, silahkan anda lanjutkan pada tahap berikutnya.
    Cara Menginstal Ulang Windows 7 Dengan CD/DVD
  7. Pada tahap ini, silahkan anda centang opsi "I Accept the license terms" kemudian anda klik "Next". 
    Cara Menginstal Ulang Windows 7 Dengan CD/DVD
  8. Selanjutnya silahkan anda pilih opsi "Custom (Advanced)".
    Cara Menginstal Ulang Windows 7 Dengan CD/DVD
  9. Jika semua partisi anda sudah benar, silahkan anda pilih Drive C: kemudian klik "next". Jika partisi anda belum benar silahkan anda format partisi yang ingin anda atur.
    Cara Mudah Mengistall Ulang Windows 7
  10. Setelah semua cara-cara di atas sudah anda ikuti, proses penginstalan akan dimulai. Semua file default akan kembali seperti semula.
    Cara Mudah Mengistall Ulang Windows 7
  11. Saat proses instal selesai tunggu hingga 20 detik, setelah 20 detik komputer/laptop anda akan otomatis restart. Pada tahap ini anda bisa melepas CD/DVD tersebut.
  12. Setelah proses booting selesai, anda akan masuk ke windows 7 seperti gambar.
    Cara Mudah Mengistall Ulang Windows 7
  13. Kemudian akan tampil opsi "Type user name" dan "Type a computer name", pada opsi ini silahkan anda masukkan nama anda atau nama lain, kemudian klik "Next".
    Cara Mudah Mengistall Ulang Windows 7
  14. Jika anda ingin memberi password komputer/laptop anda silahkan tulis password yang anda inginkan, jika tidak silahkan anda anda klik "Next".
  15. Pada kotak tersedia silahkan anda tulis "Serial Number", atau kosongkan saja dan klik "Next".
  16. Selanjutnya akan tampil beberapa opsi, silahkan anda pilih opsi yang sesuai dengan anda.
    Cara Mudah Mengistall Ulang Windows 7
  17. Selesai, proses instal ulang windows 7 dengan cd/dvd pun selesai dengan sempurna.

Pada cara ke 16 anda akan melihat opsi Use recommended setting, Install important updates only dan Ask me later yang akan anda pilih salah satunya. beberapa opsi tersebut memiliki artian sebagai berikut :
  • Use Recommended setting : Opsi ini memiliki artian untuk menginstall windows saat anda terhubung dengan koneksi internet, opsi ini di sarankan oleh pihak microsoft.
  • Install important updates only : Opsi ini memiliki artian untuk menginstall windows saat koneksi komputer anda terhubung dari file yang hanya penting-penting saja.
  • Ask me later : Opsi ini memiliki artian anda bisa menentukan proses penginstallan.
Nah, itulah cara install ulang windows 7 dengan menggunakan CD/DVD untuk pemula. Jika anda berhasil melakukan penginstallan sellamat saya ucapkan, jika anda tidak berhasil dalam proses penginstalan, sebaiknya anda ulangi cara-cara di atas dengan perlahan-lahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros

Tutorial Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root Dengan Mudah

Cara Bobol WiFi Dengan Termux Android Tanpa Root 2020