Tips Cara Cadangkan Chat Whatsapp Yang Anda Miliki Dengan Mudah

Cara Cadangkan Chat Whatsaapp
Tips Cara Cadangkan Chat Whatsapp Anda Dengan Mudah - Whatsapp merupakan sebuah aplikasi pesan instan yang saat ini banyak di gunakan para pengguna smartphone. Whatsapp sendiri saat ini sudah mengalahkan aplikasi-aplikasi pesan instan lainnya seperti Line, BBM dan aplikasi chat instan lain.

Aplikasi whatsapp sendiri memiliki kelebihan yang tidak dimiliki aplikasi-aplikasi lain, salah satu contoh kelebihannya yaitu dapat mencadangkan chat whatsapp anda.

Fitur cadangkan chat atau bahasa lainnya backup chat whatsapp ini dapat membantu anda menyimpan obrolan penting yang anda miliki. Dengan mencadangkan chat whatsapp, anda tidak akan kehilangan chat-chat tersebut.

Apalagi saat anda memperbarui aplikasi whatsapp tersebut atau anda berganti hp baru, otomatis chat whatsapp anda akan hilang semua. Nah disini anda membutuhkan backup chat whatsapp sebelumnya untuk dapat mengembalikan semua chat yang ada di hp anda tersebut.

Lantas bagaimana cara mengembalikan chat whatsapp tersebut? Caranya sangat mudah, anda hanya tinggal mengikuti cara-cara yang saya lakukan di bawah ini.

Sebelum anda mengembalikan semua chat whatsapp yang ada, sebaiknya anda mencadangkannya terlebih dahulu. Disini saya akan memberikan tips cara cadangkan chat whatsapp anda dengan mudah, simak cara-caranya berikut ini.

Cara Cadangkan Chat Whatsapp Ke Google Drive

Cara yang pertama saya akan mencadangkan chat whatsapp saya ke google drive, dengan mencadangkan atau membackup ke google drive anda bisa kapan saja mengembalikan chat tersebut dengan mudah. Langsung saja :
  1. Langkah pertama, silahkan anda buka aplikasi whatsapp yang ada di hp anda, setelah itu silahkan anda buka menu "setelan/settings" dengan menekan ikon titik tiga pada sudut kanan atas.
  2. Langkah kedua, silahkan anda pilih menu "chatting/chats" dan selanjutnya pilih menu "cadangkan chat/chat backup".
    Cara Cadangkan Chat Whatsapp Ke Google DriveCara Cadangkan Chat Whatsapp Ke Google Drive
  3. Langah ketiga, setelah itu silahkan anda klik menu "Cadangkan ke Google Drive/Backup to Google Drive".
    Cara Cadangkan Chat Whatsapp Ke Google Drive
  4. Langkah keempat, silahkan anda pilih opsi "Hanya ketika saya mengetuk cadangkan/Only when i tap backup".
    Cara Cadangkan Chat Whatsapp Ke Google Drive
  5. Langkah kelima, silahkan anda kembali ke menu sebelumnya, setelah itu silahkan pilih menu "akun/add account" pilih dengan email sesuka anda.
    Cara Cadangkan Chat Whatsapp Ke Google Drive
  6. Langkah keenam, selanjutnya silahkan anda pilih menu "Cadangkan melalui/Backup over", silahkan anda pilih wifi jika anda menggunakan wifi, jika tidak silahkan pilih wifi atau seluler.
  7. Langkah ketujuh, ini merupakan langkah terakhir untuk mencadangkan chat whatsapp anda, silahkan anda klik "Cadangkan/Backup".
    Cara Cadangkan Chat Whatsapp Ke Google Drive
  8. Selesai.
Baca juga : Cara Menghilangkan Centang Biru Pada Aplikasi Whatsapp Terbaru

Saat proses mencadangkan chat whatsapp selesai, secara otomatis chat whatsapp yang anda miliki akan di cadangkan di google drive. Dengan mencadangkan/membackup chat anda di google drive, saat hp anda hilang anda tetap bisa memulihkan semua chat yang anda miliki, ini merupakan kelebihan dari mencadangkan di google drive.

Cara Membackup Chat Whatsapp Ke Memori Internal

Cara berikutnya saya akan membackup chat whatsapp yang saya miliki ke memori internal. Cara membackup chat whatsapp kali ini tidak bedah jauh dengan cara mencadangkan chat whatsapp sebelumnya, simak cara lengkapnya berikut ini :
  1. Sama dengan cara sebelumnya, silahkan anda buka aplikasi whatsapp anda dan buka menu "setelan/settings".
  2. Kemudian silahkan anda pilih menu "chatting/chats" dan pilih menu "cadangkan chat/chat backup".
    Cara Membackup Chat Whatsapp Ke Memori InternalCara Membackup Chat Whatsapp Ke Memori Internal
  3. Selanjutnya silahkan anda klik/tekan tombol "cadangkan/backup" langsung.
    Cara Membackup Chat Whatsapp Ke Memori Internal
  4. Selesai.
Setelah anda membackup chat whatsapp tersebut, secara langsung file backupan anda akan tersimpan di folder whatsapp yang biasanya terseimpan di "sdcard/Whatsapp/Database". Silahkan anda cek terlebih dahulu.


Untuk cara restore atau mengembalikan chat whatsapp yang sudah di cadangkan tadi, anda bisa melihat cara-caranya berikut ini.

Cara Restore Atau Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Sudah Di Cadangkan

Setelah anda berhasil mencadangkan atau membackup chat whatsapp anda, sekarang anda akan mengembalikan chat whatsapp tersebut pada perangkat baru anda, berikut langkah-langkahnya :
  1. Silahkan anda instal kembali aplikasi whatsapp di hp anda.
  2. Daftarkan seperti biasa anda mendaftarkan whatsapp, daftarkan dengan nomor yang sama dengan sebelumnya.
  3. Selanjutnya, secara otomatis whatsapp akan mencari file cadangan/backupan yang sudah anda buat tadi.
  4. Ketika file sudah terdeteksi oleh whatsapp, whatsapp akan menginformasikan ketersediaan file tersebut.
  5. Jika file cadangan/backup tersesedia, langkah terakhir anda tinggal menekan tombol "Pulihkan/Restore".
    Cara Restore Atau Mengembalikan Chat Whatsapp
  6. Selesai.
Pada langkah ke lima whatsapp akan memulihkan chat anda seperti semula, tunggulah hingga proses restore selesai. Selanjutnya semua chat akan kembali seperti semula.


Nah, begitulah cara cadangkan chat whatsapp anda dengan mudah, tidak butuh waktu lama untuk berhasil membackup chat whatsapp tersebut. Semoga dengan adanya artikel kali ini dapat membantu anda dan selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros

Tutorial Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root Dengan Mudah

Cara Bobol WiFi Dengan Termux Android Tanpa Root 2020