Penyebab Dan Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Menyala

Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Menyala
Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas cara membobol password wifi wpa/wpa2 dan kali ini saya masih akan membahas topik seputar wifi, bukan proses bobol membobol wifi akan tetapi cara mengatasi wifi tersebut. Disini saya akan memberikan sebuah tutorial cara mengatasi wifi yang tidak bisa menyala pada hp android anda.

Mungkin saat ini anda mengalami hal yang sama seperti saya, masalah tersebut yaitu tidak bisanya wifi menyala ke hp yang anda miliki. Dan mungkin saat ini anda sedang bertanya-tanya kenapa wifi android tidak berfungsi sebagaimana mestinya?. Artikel ini sangat cocok buat anda untuk mengatasi wifi android tidak menyala tersebut.

Penyebab Kenapa WiFi Android Tidak Berfungsi Dengan Baik

Sebelum anda bertindak untuk mengatasinya, sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui apa yang menjadi penyebab wifi android tidak berfungsi. Mungkin dengan mengetahui penyebabnya anda akan dengan mudah mengatasinya. Berikut ini penyebab yang umum terjadi yang menyebabkan wifi android tidak berfungsi.
  1. Modem WiFi Belom Di Aktifkan.
  2. Password WiFi Yang Dimasukkan Salah.
  3. Kelebihan Batas Pengguna.
  4. Hardware WiFi Android Anda Mengalami Masalah.
Untuk beberapa waktu yang lalu, saya mengalami penyebab-penyebab seperti di atas. Dan setelah saya atasi wifi android yang tidak berfungsi sebelumnya, kini wifi tersetelah telah berfungsi kembali seperti biasanya. Untuk anda yang belum tau cara mengatasi wifi android yang tidak menyala, berikut ini cara mengatasinya.


Cara Mengatasi WiFi Android Yang Tidak Bisa Menyala

Setelah anda mengetahui penyebab wifi android tidak berfungsi, kini saatnya anda mengetahui cara mengatasi wifi android yang tidak bisa menyala. Cara-cara yang saya lakukan ini sebelumnya sudah saya coba, dan alhamdulillah semua kembali seperti normal. Berikut ini beberapa langkahnya : 

1. ON OFF Airplane/Mode Pesawat Dan Restart Hp Android Anda

  • Langkah pertama silahkan anda konekkan android anda ke WiFi tersebut, selanjutnya silahkan anda nonaktifkan.
  • Selanjutnya silahkan anda aktifkan mode pesawat/Airplane, tunggu hingga tiga menit dan periksa kembali sambungan WiFi.
  • Jika belum juga tersambung silahkan anda cek perangkat router yang anda miliki (jika anda memilikinya, jika tidak silahkan menuju langkah selanjutnya) dan silahkan anda matikan terlebih dahulu dan aktifkan kembali.
  • Jika semua sudah anda lakukan, selanjutnya silahkan restart hp android anda.

2. Masukkan Password Yang Valid

Ini merupakan hal yang umum sekali terjadi. Hal ini terjadi biasanya karena anda terburu-buru dalam memasukkan password WiFi tersebut, sehingga wifi tidak menyala. Jika anda salah memasukkan password wifi tersebut, bisa dipastikan wifi tidak akan menyala pada android anda, silahkan anda masukkan password wifinya secara perlahan-lahan dan perhatikan besar kecilnya password tersebut.


3. Router Kelebihan Batas Pengguna

Jika anda menggunakan wifi publik mungkin ini yang menjadi penyebab wifi di android tidak bisa menyala. Biasanya sebuah router memiliki kapasitas untuk dapat menampung para pengguna wifi tersebut, biasanya satu router bisa di gunakan 10 perangkah sampai 35 perangkat dan seterusnya. Untuk masalah ini silahkan anda cek terlebih dahulu apakah router tersebut sudah mencapai batas pengguna atau belum.

4. Cek Kondisi WiFi Di Android Anda

Jika wifi tidak juga menyala, mungkin ada kesalahan pada wifi di android anda. Silahkan anda cek kondisi wifi anda dengan aplikasi phone tester. Aplikasi tersebut bisa menganalisis kesehatan beberapa perangkat yang ada pada hp android anda, silahkan anda coba.

5. Hardware WiFi Android Anda Mengalami Masalah

Jika setelah anda cek menggunakan aplikasi phone tester dan tidak mengalami masalah, mungkin penyebab akhirnya yaitu hardware wifi pada perangkat android anda mengalami masalah. Jika hardware wifi anda bermasalah salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan membawanya ke konter, karena hanya orang konterlah yang bisa memperbaiki masalah ini.


Nah, mungkin itulah yang menjadi penyebab wifi android tidak berfungsi dengan baik, anda bisa mengatasinya dengan cara mengatasi wifi android tidak bisa menyala yang sudah saya jelaskan di atas. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu mengatasi masalah yang anda alami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros

Tutorial Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root Dengan Mudah

Cara Bobol WiFi Dengan Termux Android Tanpa Root 2020