Tutorial Cara Extract File Zip Dan Rar Di Android Tanpa Root

Tutorial Cara Extract File Zip Dan Rar Di Android
Cara extract file zip, rar di android - Pernahkah anda mendapatkan sebuah file yang berekstensi  zip dan rar dari teman ataupun rekan kerja anda? Jika pernah, anda akan di haruskan mengextract file tersebut agar bisa membukanya.

Saat anda menggunakan laptop atau pc, anda bisa dengan mudah mengextract file zip dan rar tersebut dengan mudah, karena pada dasarnya laptop dan pc sudah di sediakan software pengextract seperti 72zip, Winrar dan beberapa software lainnya.

File zip dan rar sendiri merupakan sebuah file yang telah mengalami perubahan ukuran. Tidak hanya itu, file zip dan rar juga dapat memudahkan anda untuk mengemas beberapa file hingga menjadi satu file.

Lantas bagaimana dengan pengguna Android? Apakah pengguna android bisa mengextract file zip dan rar tersebut? Dan apakah memerlukan akses root?.

Tentu saja bisa, anda hanya memerlukan bantuan sebuah aplikasi , aplikasi tersebut yaitu Rarlab. Dengan menggunakan aplikasi Rarlab anda tidak lagi memerlukan akses root, jika anda ingin meroot hp android anda, anda bisa membaca panduannya disini cara root hp android.

Rarlab sendiri merupakan sebuah aplikasi ekstrak file terbaik yang bisa anda dapatkan secara gratis di playstore, tidak hanya rarlab masih ada beberapa aplikasi ekstrak file terbaik lainnya yang banyak di sediakan di google playstore.

Cara Extract File Zip, Rar Di Android Tanpa Root

Simak cara yang akan saya lakukan, dan terapkan setiap cara yang salah lakukan, agar cara extract file zip, rar di android anda dapat berjalan lancar seperti yang saya lakukan.
  1. Agar tutorial cara extract file zip ini berhasil, sebaiknya anda download dulu aplikasi Rarlab di playstore, anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut secara gratis.
  2. Jika aplikasi Rarlab sudah anda instal di hp kesayangan anda dan langkah selanjutnya buka aplikasi tersebut.
  3. Setelah anda buka aplikasi rarlab tersebut, anda akan melihat file yang anda miliki. Silahkan ada cari file zip, rar yang ingin anda extract.
    Cara Extract File Zip, Rar Di Android Tanpa Root
  4. Jika anda sudah menemukan file yang akan anda extract, lagkah selanjutnya ceklis file tersebut dan silahkan pilih opsi extract, lihat gambar berikut ini untuk lebih jelasnya.
    Cara Extract File Zip, Rar Di Android Tanpa Root
  5. Setelah anda memilih opsi extract, anda akan di arahkan ke proses akhir pengextractan. Biarkan semua pilihan secara default dan langsung saja klik menu ok.
    Cara Extract File Zip, Rar Di Android Tanpa Root
  6. Secara otomatis extract akan berjalan sendirinya, tunggulah proses extract selesai.
  7. Jika proses extract selesai silahkan anda lihat hasil extract tersebut di file zip, rar berada. Tempatnya akan sama seperti file zip sebelum di extaract.
  8. Proses Extract selesai.
Nah, bagaimana? cukup mudahkan, dan sekarang anda tidak bersusah payah lagi untuk melakukan extract file zip dan rar tersebut.

Selain bisa extract file aplikasi Rarlab juga bisa membuat file zip dan rar berpassword. Jika anda ingin mempassword file zip dan rar milik anda, anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini :

Cara Memberi Password File Zip dan Rar Di Android

Tidak jauh berbeda dengan proses cara mengextrac, memberi password pada file zip juga sangat mudah anda lakukan. Perbedaan antara mengextract dengan memberi password hanya pada opsi saja, untuk itu silahkan ikuti cara berikut ini.

Begini Cara Memberi Password File Zip dan Rar

  1. Buka kembali aplikasi Rarlab di hp anda.
  2. Selanjutnya silahkan anda pilih file yang ingin anda password dan silahkan anda pilih menu opsi pengarsipan, lihat gambar di bawah ini.
    Cara Memberi Password File Zip dan Rar Di Android
  3. Anda bisa mengubah nama file sesuka anda dan anda juga bisa mengatur file tersebut berbentuk zip, rar atau rar 4.x.
    Cara Memberi Password File Zip dan Rar Di Android
  4. Selanjutnya silahkan anda pilih menu "Atur sandi" dan masukkan password yang ingin anda buat setelah itu centang "enskripsi nama berkas" dan klik ok.
    Cara Memberi Password File Zip dan Rar Di Android
  5. Setelah semua sudah anda atur silahkan simpan file tersebut dengan mengklik ok, dan seketika file akan terarsip dan file terpassword.
  6. Selesai.
Dengan keadaan file zip, rar terpassword orang lain tidak akan bisa membuka file tersebut, kecuali anda memberi password dari file milik anda.

Nah, bagaimana mudahkan mengextract dan mempassword file zip dan rar? Sekarang anda bisa mengextract file zip, rar dengan gampang. Sekian artikel kali ini, semoga dengan adanya artikel cara extract file zip dan rar di android ini dapat membantu anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros

Tutorial Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root Dengan Mudah

Cara Bobol WiFi Dengan Termux Android Tanpa Root 2020