4 Cara Menambah Memori Internal Hp Android Tanpa Root

cara menambah memori internal

Kisarantech.com - Memori internal merupakan bagian paling terpenting dari hp android. Namun, pada sebagian besar perangkat android memiliki memori internal yang cukup kecil, hal tersebut merupakan masalah yang cukup serius bagi para penggunanya.

Dengan kapasitas memori internal yang cukup kecil, pengguna tidak bisa bebas untuk menginstal aplikasi-aplikasi yang di inginkan. Tidak hanya itu kapasitas memori yang kecil juga dapat menyebabkan hp android anda menjadi lemot, hal itu di karenakan penuhnya memori internal tersebut.

Untuk saat ini kapasitas dari memori internal pun berbeda-beda, dari satuan MB hingga satuan GB. Pada saat ini memori internal sudah tersedia dengan kapasitas besar, tentu hal tersebut sangat menguntungkan penggunanya.

Lantas bagaimana cara menambah memori internal hp android yang anda punya? Nah, disini saya akan menjelaskan cara menambahkan memori internal secara lengkap dan pastinya akan berhasil 100%.

Dengan menambah memori internal anda bisa lebih leluasa menginstall aplikasi-aplikasi yang anda inginkan serta kinerja hp android anda akan jauh lebih cepat, hal tersebut di karenakan masih banyaknya ruang kosong pada memori anda.

Langsung saja kita pecahkan masalah ini dengan cara menambah memori internal tanpa root berikut ini, agar anda lebih leluasa leluasa dengan hp android anda. Simak cara-cara berikut ini.

4 Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root

1. Menambah Memori Internal Dengan Aplikasi Link2SD.

cara menambahkan ram android tanpa root
Pada cara yang pertama, saya menggunakan aplikasi Link2SD, aplikasi ini bisa anda download dengan gratis di playstore. Berikut ini cara menambahkan ram android tanpa root dengan aplikasi Link2SD :
  1. Silahkan anda mendownload serta menginstall aplikasi Link2SD tersebut, anda bisa mendownloadnya secara gratis di playstore.
  2. Jika proses install selesai, silahkan anda masukkan memori CardSD ke hp android anda. Selanjutnya jalankan aplikasi Link2SD dan pilih menu ext 4.
  3. Langkah selanjutnya restart hp android anda.
  4. Jalankan ulang aplikasi Link2SD tersebut dan pastikan memori CardSD anda sudah benar-benar terpasang. Jika belum juga terpasang silahkan kembali ulangi langkah-langkah di atas dari awal sampai akhir.
  5. Jika telah berhasil, secara otomatis memori internal anda akan bertambah dengan sendirinya.
  6. Selesai.
Cara yang pertama ini memang cukup singkat, akan tetapi proses penambahan memori internal benar-benar terjadi. Jika anda belum juga berhasil melakukannya pada cara pertama ini, maka ikuti cara selanjutnya.

2. Menambah Memori Internal Dengan Aplikasi Swapper.

Pada cara kedua ini saya masih menggunakan aplikasi, aplikasi tersebut yaitu Swapper. Aplikasi penambah memori internal yang bisa anda download secara gratis di playstore. Berikut cara menambah kapasitas ram android dengan aplikasi Swapper :
  1. Hal pertama yang harus anda lakukan silahkan download aplikasi Swapper di playstore.
  2. Setelah anda download silahkan anda install aplikasi Swapper tersebut dan buka aplikasi tersebut.
  3. Tahap selanjutnya silahkan anda aktifkan menu pada bagian Acrive Swap on Boot.
  4. Kemudian pada bagian Swap File Pasition, dapat anda pilih SD Card FAT Partition seperti yang sudah tertera di aplikasi tersebut.
  5. Dibagian Swap File Size, silahkan anda masukkan jumlah atau kapasitas yang ingin anda tambahkan ke memori internal.
  6. Jika proses selesai, silahkan anda klik simpan pada konfigurasi aplikasi tersebut.
  7. Selesai.
Nah, pada cara kedua ini sangat simpel dan tidak membuat anda kebingungan pastinya. Jika masih tidak bisa silahkan anda ikuti cara berikutnya.

3. Menambah Memori Internal Dengan Flashdisk.

cara menambah ram android dengan flashdisk
Cara menambah memori internal yang ketiga kali ini mungkin sedikit aneh bagi anda, di karenakan proses penambahan memori internal dengan prangkat tambahan yaitu Flashdisk, nah simak caranya berikut ini :
  1. Yang harus anda lakukan pertama yaitu dengan mempersiapkan segala bahan-bahannya, yaitu Flashdisk dan OTG (On The Go)
  2. Flashdisk digunakan untuk mengakses android anda, kemudian hubungkan ke hp android anda menggunakan OTG.
  3. Pastikan Flashdisk terbaca oleh hp android anda, silahkan anda periksa Flashdisk terhubung atau tidaknya. Anda bisa meriksanya dengan cara buka menu setting > Store, di menu itu akan tampil penyimpanan anda telah terpasang, jika belum juga terpasang silahkan anda klik Mount.
  4. Jika sudah terpasang, maka akan secara otomatis memori internal anda akan bertambah.
  5. Jika anda mau melepasnya dengan cara aman, maka lakukan Unmouting dahulu, caranya buka menu setting > storage.
  6. Selesai.
Cara ini merupakan cara paling mudah untuk di lakukan, jika anda tidak berhasil juga silahkan ikuti cara terakhir berikut ini.

4. Menambah Memori Internal Dengan Aplikasi Smart Booster.

cara menambahkan ram android tanpa root
Dengan aplikasi Smart Booster ini anda akan mengatur isi aplikasi-aplikasi anda serta sistem yang tidak terlalu penting bagi anda, hingga membuat hp android anda menjadi lancar saat sedang bekerja. Berikut cara menggunakannya Smart Booster untuk menambahkan ram android tanpa root.
  1. Download aplikasi Smart Booster di playstore dengan gratis kemudian instal dan buka aplikasi Smart Booster tersebut.
  2. Klik tombol Start Now dan selanjutnya anda masuk ke dalam Setting > Boost Level, agar anda dapat mengubah jenis ram android anda.
  3. Akan tersedia 4 Boost level diantaranya Gentle, Medium, Strong dan Aggressive.
  4. Jika anda mengingkan hp android anda jauh lebih kencang peformanya silahkan pilih Aggressive.
  5. Selanjutnya pilih Boost When Screen Off dan centang pada bagian tersebut, serta fitur Delay To Boost When Screen Off pilih Immediately.
  6. Jika semua sudah anda setting dan sesuia silahkan anda kembali ke menu utama dan klik roket kecil pada aplikasi, secara otomatis proses boots akan berjalan.
  7. Tunggu proses selesai, dan RAM android anda telah lega.

Penutup

Nah, bagaimana? apakah anda berhasil melakukan penambahan pada memori internal hp android anda? Jika anda berhasil melakukannya selamat saya ucapkan, dan jika anda belum juga bisa menerapkannya silahkan anda baca-baca lagi 4 cara menambah memori internal hp android tanpa root di atas. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu memecahkan permasalahan anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros

Tutorial Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root Dengan Mudah

Cara Bobol WiFi Dengan Termux Android Tanpa Root 2020